Blogger Widgets

Blogger Template by Blogcrowds

.

SEJARAH HARRY POTTER




Film Harry Potter merupakan film yang berawal dari novel fantasi karangan penulis berkebangsaan Inggris, J,K Rowling. Novel ini menceritakan tentang petualangan seorang pria remaja bernama Harry Potter yang ternyata ia adalah keturunan penyihir dari kedua orangtuanya yang sama-sama  hebat. James dan Lily Potter.  Ia mempunyai sahabat yaitu Ronald Weasley dan Hermione Granger ketika bersekolah di sekolah sihir Hogwarts.


Pada tahun 1990, J.K Rowling memberikan penjelasan tentang pengalamannya di situs webnya


"Saya telah menulis hampir tanpa jeda sejak umur enam tahun tapi sebelumnya saya tidak pernah merasa begitu bergairah akan suatu gagasan. Saya hanya duduk dan berpikir, selama empat jam (menunggu keterlambatan kereta api), dan semua detil bermunculan di otak saya, dan anak laki-laki kurus berambut hitam dan berkaca mata yang tidak menyadari bahwa ia adalah seorang penyihir semakin lama semakin nyata bagi saya."


Rowling menyelesaikan buku pertamanya pada tahun 1995 dan naskah novel itu dikirimnya pada beberapa agen penerbitan. Agen kedua yang dikiriminya naskah, Christopher Little, menawarkan untuk mewakilinya mengirimkan naskah tersebut pada penerbit Bloomsbury.

Meskipun Rowling menyatakan bahwa ia tidak memiliki target khusus mengenai usia pembacanya ketika ia mulai menulis buku-buku Harry Potter, penerbit pada awalnya menetapkan target pembacanya adalah anak-anak yang berusia antara sembilan hingga sebelas tahun.
Pada malam sebelum penerbitan, Rowling diminta oleh penerbitnya untuk menggunakan nama pena yang lebih netral-gender, supaya dapat menarik anak laki-laki dalam jangkauan umur tersebut, karena mereka khawatir bahwa anak laki-laki tidak akan tertarik membaca novel yang mereka ketahui ditulis oleh seorang wanita. Ia memilih untuk menggunakan nama J.K. Rowling (Joanne Kathleen Rowling), menggunakan nama neneknya sebagai nama keduanya karena ia tidak memiliki nama tengah.

Buku pertamanya yang berjudul ‘Harry Potter and the Philosopher's Stone’ akhirnya diterbitkan oleh Bloomsbury, penerbit semua buku-buku Harry Potter di Britania Raya, pada tanggal 30 Juni 1997. Novel ini diterbitkan di Amerika Serikat pada 1 September 1998 oleh Scholastic, yang menerbitkannya dengan judul ‘Harry Potter and the Sorcerer's Stone’. 

Setelah sebelumnya Rowling menerima bayaran sebesar US$105.000 untuk hak penerbitan di Amerika Serikat  (harga yang sangat luar biasa bagi sebuah buku anak-anak yang dikarang oleh pengarang yang tidak dikenal pada saat itu). Khawatir bahwa para pembaca di Amerika tidak akan mengerti kata "philosoper" atau tidak menganggapnya sebagai tema magis (meskipun "Philosoper's Stone" atau batu filsuf terkait dengan alkimia), Scholastic bersikeras untuk mengganti judul novel tersebut menjadi 'Harry Potter and the Sorcerer's Stone' untuk pasar Amerika.

Buku kedua ‘Harry Potter and the Chamber of Secrets’ awalnya diterbitkan di Britania Raya pada tanggal 2 Juli 1998 dan di Amerika Serikat pada 2 Juni 1999. ‘Harry Potter and the Prisoner of Azkaban’ kemudian diterbitkan setahun kemudian di Britania Raya pada 8 Juli 1999, dan di Amerika Serikat pada 8 September 1999. ‘Harry Potter and the Goblet of Fire’ diterbitkan pada 8 Juli 2000 di waktu yang bersamaan oleh Bloomsbury dan Scholastic. 

Kemudian ‘Harry Potter and Order of Phoenix adalah buku terpanjang dalam seri, dengan tebal 766 halaman dalam versi Inggris dan 870 halaman dalam versi Amerika Serikat. Buku ini diterbitkan secara serentak di negara-negara yang berbahasa Inggris pada tanggal 21 Juni 2003. Dua tahun kemudian, ‘Harry Potter and Half-Blood Prince’ diterbitkan pada 16 Juli 2005, dan terjual sebanyak 9 juta eksemplar dalam waktu 24 jam setelah perilisannya di seluruh dunia. Buku ketujuh sekaligus yang terakhir, ‘Harry Potter and the Deathly Hallows', diterbitkan pada 21 Juli 2007. Buku ini terjual sebanyak 11 juta eksemplar dalam 24 jam pertama setelah perilisannya, dengan rincian 2,7 juta eksemplar di Britania Raya dan 8,3 juta eksemplar di Amerika Serikat. WOW..!!!
 

0 Comments:

Post a Comment



Newer Post Older Post Home

Translate